Aura Kehidupan

Kehidupan alam semesta

Rabu, 30 Juni 2010

Teknik mempercantik diri

Kepala & Hidung Dipijat Mata Jadi Bersinar
Keindahan dunia dapat Anda nikmati lewat mata. Lantas, bagaimana menjaga kesehatannya agar dunia dapat terus ditatap? Salah satunya dengan melakukan pemijatan di kulit kepala dan hidung.

Pijat adalah salah satu teknik kuno yang dapat Anda lakukan sendiri. Terapi ini merupakan cara penyembuhan yang aman, efektif, dan tanpa efek samping, bila dilakukan sesuai prosedur. Teknik pijat, kata akupunturis
Oei Gin Djing, dapat digunakan untuk mengobati berbagai gangguan mata.

"Organ tubuh manusia yang dapat dipijat untuk mengobati gangguan mata antara lain kulit kepala, sekeliling mata, hidung, telinga, tangan, dan kaki," ujar praktisi pijat yang berpraktik di kawasan Sunter Hijau, Jakarta Utara ini.

Secara khusus Oei menjabarkan pijat kulit kepala dan pijat hidung. Berdasarkan akupuntur kulit kepala (
scalp akupunktur), daerah penglihatan yang berkaitan dengan mata atau area visual (optic area) berada di atas serebelum (otak kecil) yang terletak di bagian belakang kepala. Daerah ini, menurut Oei, sebaiknya juga dipijat saat melakukan terapi pijat untuk gangguan mata.

Letak area visual tepatnya berada di daerah sanggul atau konde. Cara menemukan lokasinya adalah dengan mengambil garis lurus dari belakang kepala sejauh 4 cm ke atas, sejajar garis tengah. Posisi area visual berada 1 cm di kiri dan kanan garis tengah tersebut.

Kelainan pada daerah penglihatan ini mengindikasikan adanya penyakit pada saraf mata.
Lakukan sendiri Pijat Kepala!
a. Letakkan kedua ibu jari di pelipis dan kedelapan jari lainnya di tengah dahi. Pijat daerah tengah dahi sampai ke belakang leher di titik fung che (lokasinya di belakang leher, dalam sebuah lekukan di batas rambut), dengan kedelapan jari.
b. Letakkan kedua ibu jari di belakang leher atau di lekukan di belakang telinga. Kemudian pijat daerah visual area dengan kedelapan jari lainnya. Pemijatan dilakukan 12 menit. Boleh dilakukan setiap kali kepala dan mata Anda terasa tidak enak.
Manfaat dan Sifat Titik Fung Che:

1. Mempertajam penglihatan, menguatkan mata saat lelah dan kabur.
2. Melancarkan saraf.
3. Mengusir angin dan menetralkan panas.
4. Mengurangi mata nyeri dan merah, rabun senja.
5. Meredakan influenza dan hidung tersumbat.
6. Mengusir kaku dan nyeri di pundak dan, sakit kepala.
7. Menurunkan tekanan darah tinggi.
Pijat Hidung

Menurut Oei, berdasarkan dokumen kuno dan uji coba di berbagai klinik akupuntur, pijat hidung sangat bermanfaat untuk meredakan gangguan pada mata. Berikut daerah di hidung yang perlu dipijat: (lihat gambar diatas)
1. Titik kepala dan muka

Terletak di atas garis tengah hidung, pada jarak sepertiga lebar dahi dari batas rambut depan. Lebar dahi diukur dari titik tengah garis yang menghubungkan puncak kedua alis dengan titik tengah batas rambut depan. Khasiat pijat di titik ini untuk mengatasi keluhan di daerah muka dan kepala.
2. Titik tenggorokan

Terletak di pertehgahan antara titik nomor 1 dan nomor 3. Khasiatnya dapat mengatasi keluhan di daerah tenggorokan, leher, dan pita suara.
3. Titik paru-paru unsur logam

Terletak di pertengahan antara kedua ujung alis. Paru-paru berhubungan dengan lingkungan luar melalui hidung dan berhubungan dengan usus besar. Paru-paru mendapatkan oksigen dengan perantaraan hidung yang menghirup udara.
4. Titik jantung unsur api

Terletak di pertengahan antara kedua sudut mata dalam. Organ jantung berhubungan dangait lidah dan usus kecil.
5. Titik hati unsur kayu

Terletak d puncak tulang hidung atau di pertengahan garis yang menghubungkan kedua puncak tulang pipi. Organ hati berhubungan dengan lingkungan luar melalui mata dan berhubungan dengan kandungan empedu. Kondisi hati yang buruk tercermin di mata. Contohnya, mata penderita hepatitis terlihat kuning.
6. Titik limpa unsur tanah

Terletak di batas bawah tulang hidung. Limpa berhubungan dengan lingkungan luar melalui bibir dan berhubungan dengan lambung. Limpa berfungsi mengatur sel darah merah. Bila kekurangan darah, bibir penderitanya akan terlihat pucat.
7. Titik ginjal unsur air

Berada di atas puncak hidung. Ginjal berhubungan dengan lingkungan luar melalui telinga. Baik buruknya telinga menggambarkan kondisi ginjal. Ginjal juga berhubungan dangan kandung kemih.
8. Titik kelamin luar

Terletak tepat pada batas bawah hidung. Khasiatnya mengatasi gatal-gatal pada alat kelamin.
9. Titik ying siang dan titik nei ying siang

Terletak di samping cuping hidung sebelah bawah sekitar 1 cm ke arah luar dan di sisi cuping hidung bagian atas. Khasiat terapi di titik ini untuk mengobati gangguan pada bola mata, hidung tersumbat, mimisan, dan hidung meler atau rhinitis.

Rabu, 26 Maret 2008

ZONA REFLEKSI TUBUH DAN WAJAH

MAAG / LAMBUNG



SAKIT KEPALA


PILEK / SALESMA




1. maag 2. ingatan
3. sakit kepala
4. maag 5. darah
6. sembelit 7. rangsangan sex
8. kelumpuhan 9. peredaran darah

1,6,25.mata
2.jantung,mukabengkak
3,28.lambung 4.jantung
5.limpa 7,24.telinga
8,23.betis 9,21.pergelangankaki
10.metabolisme 11,19.siku
12.pusat 13,18,20.lengan
14,17.gas 15,16.pergelangantangan
22.pencernaan 26.hati 27. ginjal
1,3,5,17.mata 2.sumsumtulangbelakang
4.memanjangkankakikanan
6.telinga 7.lengandantangan
8.tulangekor 9.ujungtulangbelakang
10,22.tenggorokan 11.kakikanan
12.prostat,ovarium 13.kanker
14.ginjal 15.reumatik
16.lemahsyahwat 18.perut
19.paru-paru 20,23,26.jantung
21.kakikiri
24.matajuling 25.ngompol
27.memanjangkankakikiri 28. gagap
1,28.usus 2.bahu 3.jantung
4,14.paru-paru 5.ususkecil 6.liver
7.ginjal 8.batuk 9.intijantung
10.gelisah 11.intitelapak
12.peluh
13.lambung,usus
15.tenggorokan
16.lambung,limpa
17.dada,pernapasan
18kaki
19.kepalaatas
20.kepalasisi
21.kepalabelakang 22.leher
23.tenggorokan 24.dada
25.kaki 26.pinggang,paha
27.pergelangan 29.kepaladepan
30.mata 31.kepala,pencernaan
32.nyeri
33.hidung 34. pengatur suhu
1.Kunci Paha 2. kelenjar getah bening
3. tulang rusuk 4. tulang pinggang
5. tulang punggung 6,28. organ keseimbangan
7,27. dada 8,24. bronkhi
9,26. amandel 10,25. rahang, gigi
11. hidung 12. tulang leher
13. kelenjar paratinoid 14. kandung kemih
15. kelamin 16. tulang kelangkang
17. alat kelamin, saluran kencing
18. tulang tungging 19. rahim, prostat
20. pinggul 21. wasir, anus
22. tulang rusuk 23. tulang belikat
29. bahu 30. sendi siku
31. lutut 32. wasir
33. tulang punggung 34. boyok
35. sendi pinggul 36. testis/ ovarium
37. kelenjar getah bening
38. pengendoran perut dan mengurangi sakit haid
5 Zona Refleksi Tubuh

sisi kiri
Gambar 42

A = Garis bahu

B = Garis pinggang


Di sini juga ada zona perut. Hal ini menunjukkan bahwa zona perut cukup luas mencakup zona 1 dan 2. Apabila ada kelainan pada salah satu organ itu, kita dengan mudah dapat menemukan daerah responnya di zona 2.

Zona 3

Mengapa baik untuk kesehatan...
 
Alasan mengapa pijat refleksi sistem terapi zona bisa bermanfaat untuk suatu penyakit, adalah sebagai berikut:

Kalau otot-otot tubuh kita lemah, maka jaringan otot yang berada di telapak kaki atau tangan menjadi lemah dan atau rusak. Mungkin salah satu tulang di telapak kaki tidak lagi duduk pada sendinya dengan baik. Keadaan ini menyababkan tergencetnya urat syaraf pada telapak kaki pada saat berjalan. Dan tergencetnya urat syaraf menyebabkan terganggunya peredaran darah di telapak kaki atau tangan. Saluran darah terganggu, peredaran darah menjadi lambat. Lambatnya peredaran darah menyebabkan terjadinya penimbunan zat kimiawi di dalam dan sekitar persendian yang tergeser.

Bila gangguan di telapak kaki ini ada hubungannya dengan ginjal (misalnya), maka ginjal akan terganggu karena ada hambatan darah yang menuju ke ginjal. Ginjal tidak akan menerima jatah darah yang dibutuhkan untuk menjalankan tugasnya. Kerja ginjal terganggu, sehingga ginjal tidak mampu lagi membuang asam urat (sampah tubuh) keluar dari tubuh, seperti biasanya bersama air kencing.

Atau sebaliknya, kalau yang sakit adalah ginjalnya, maka akan terjadi otot, syaraf dan peredaran darah terganggu. Ujung syaraf yang berasal dari ginjal yang berada di telapak kaki dan tangan akan terasa nyeri. Rasa nyeri di titik refleksi ginjal ini menunjukkan bahwa ginjal tidak normal (terganggu) kerjanya.

Agar ginjal dapat bekerja dengan baik, dapat membuang sampah tubuh bersama urine, maka perlu ada perawatan di titik-titik reflek, yaitu dengan pemijatan di titik refleksi ginjal di telapak kaki atau tangan. Pemijatan ini dimaksudkan agar peredaran darah menjadi lancar. Lancarnya peredaran darah ke ginjal, maka ginjal kembali mendapat jatah darah yang diperlukan dan memulihkan fungsi ginjal dalam keadaan sehat. Demikian juga bila ada gangguan di perut atau organ tubuh lainnya.
0 komentar Link ke posting ini
kategori: dasar
Pedoman Penting

A. Dalam Pemijatan
* Pemijatan dilakukan 2 hari sekali atau 3 kali dalam seminggu. Jangan setiap hari atau setiap saat. Karena hal itu malah akan merusak syaraf-syaraf yang bersangkutan.
* Setiap titik refleksi sekali pengobatan bisa dipijat antara 5-9 menit. Jangan memijat lebih dari 10 menit untk etiap titik refleksi dalam sekali pengobatan.
* Kalau pemijatan dilakukan terlalu keras dan pasien merasa kesakitan sekali, maka tekanan pejatan dikurangi dan memindahkan pejatan ke bagian lain.
* Jangan memijat pada:
- wanita yang sedang haid
- wanita hamil
- penderita penyakit menular
- bagian yang bengkak
* Komunikasi pemijat dengan pasien harus baik

B. Reaksi Setelah Dipijat
# mungkin gatal-gatal
# bagian yang sakit bertambah sakit
# meriang dan mungkin air kencingnya berwarna merah
Gejala-gelaja di atas biasanya hanya berlaku kurang lebih selama 6 jam dan tidak berbahaya. Itu respon yang baik.

C. Catatan Penting
^ pijat di sini tidak sekali pijat lalu pasien langsung sembuh, tetapi berangsur-angsur sembuh atau sakitnya berkurang.
^ untuk itu harus rajin pijat satu minggu 2 atau 3 kali pijat. Penyakit yang berat bisa memakan waktu 10-30 minggu, tergantung dari parahnya penyakit tersebut. Jadi tidak sekali pijat langsung sembuh. Untuk itu pasien perlu diberi pengertian agar tidak kecewa.
^ sekali lagi setiap titik refleksi yang dipijat tidak boleh lebih dari 10 menit sekali pengobatan. Hal itu justru bisa mengganggu peredaran darah.

Contoh-contoh cara memijat

Untuk praktek memijat refleksi sistem terapi zona kita bisa mencontoh cara-cara seperti dibawah ini, tapi pada prakteknya kita bisa memijat dengan cara kita sendiri. Mana yang nyaman menurut kita.

a. Memijat jari-jari kaki



b.Memijat Seluruh bagian kaki



c. Memijat Bagian Tangan







A. Teknik Genggaman

Berikut ini contoh-contoh pelaksanaan teknik genggaman:

1.Teknik genggaman satu jari

Gambar di atas kekuatan memijat dipusatkan pada jari telunjuk bagian ujung. Sangat cocok untuk memijat zona-zona di telapak tangan.

2.Teknik genggaman jari banyak

Teknik ini menggunakan ujung-ujung keempat jari untuk pijatan, digunakan untuk menutup suatu daerah yang cukup luas baik pada kaki maupun pada tangan.

3.Teknik jepitan


Teknik ini sangant cocok digunakan pada daerah yang lebar pada tangan atau kaki.

4.Teknik genggaman langsung


Titik tekan pada teknik langsung ini dipusatkan pada ibu jari tangan pemijat. Jara ini sangat cocok untuk memijat telapak kaki yang memerlukan tekanan prima.

B.Teknik Putaran
Teknik ini pelaksanaannya hampir sama dengan teknik langsung. Hanya saja pada pelaksanaannya khusus dibuat dengan gerakan putaran. Bisa dilakukan dengan satu jari atau lebih.

C.Teknik Ibu jari dan jari berjalan


Tujuan menggunakan teknik ini untuk memberikan suatu tekanan yang tetap selagi mengurut permukaan tangan atau kaki. Permainan antara jari memberikan kemampuan untuk menelusuri sekaligus memberi tekanan pada permukaan yang berbeda-beda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar